Menulis

Menulis

Kisah TKI Sukses yang Terusir


Sebuah kisah menarik datang dari Karangtengah, Kadungora, Garut. Seorang bapak delapan anak bertutur tentang masa lalunya yang ngeri-ngeri sedap 😮 Namanya Pak Amay. Sejak usia 12 tahun, beliau merantau ke Arab Saudi.

"Ayah saya dulu TKI. Setelah lama di Arab, tahun 1975 saya dan emak ikut jadi TKI," kenang Pak Amay.

Dengan semangat tinggi, Amay kecil meniti jalan menuju sukses. Aneka profesi dia jalani sepenuh hati. Sampai akhirnya, beliau mampu buka usaha katering sendiri.

"Alhamdulillah, usaha saya maju. Saya dan beberapa kawan dari Indonesia sampai bisa buka restoran," tuturnya.

Di luar dugaan, musibah datang. Mendadak petugas imigrasi menyoal keberadaannya di Timur Tengah. Singkat cerita, Pak Amay terusir dari Arab Saudi. Beliau tak boleh lagi jadi TKI selamanya. Banyak aset Pak Amay yang tak bisa dibawa pulang ke Indonesia.

"Sejak itu, saya hanya boleh ke Saudi untuk umrah dan haji. Selain itu, tidak bisa," katanya sedih.

Pak Amay mengaku sampai sekarang tak tahu kesalahan yang diperbuat. Beliau menduga ada pihak-pihak tertentu yang ingin menjatuhkan dirinya.

"Ya, begitulah hidup. Saya nikmati saja warna-warninya. Yang penting banyak bersyukur," kata Pak Amay tersenyum.

Sejak Juli 2010, Pak Amay dan keluarga besarnya tinggal di kampung halaman. Dengan tabungan seadanya, beliau mendirikan bisnis kecil-kecilan. Beliau membuka kafe mungil yang dinamai Bar2an "La Guenah". Motonya unik: T'Pakebeer kependekan dari tak pakai beer.

"La Guenah dalam bahasa Sunda artinya tempat nyaman. Kalau T'pakebeer maksudnya anti miras dan narkoba he he he...," tutur beliau semangat.

Sementara ini, La Guenah menyediakan kopi, teh, es buah dan beberapa makanan ringan seperti seblak dan mie instan. Ke depan, Pak Amay ingin menjual menu lebih berat.

Apa hikmah kisah nyata ini? Ya, benar, kalau ke Garut jangan lupa mampir ke La Geunah 😉👍nyaman euy... ada kolam ikan, kereta odong-odong, dan perahu mini.

1 Response to "Kisah TKI Sukses yang Terusir"

  1. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    ReplyDelete