Menulis

Menulis

Perspektif Manusia



Siapa bilang maling salah? Bagi keluarganya, mungkin mereka pahlawan. Apalagi, jika keluarga dalam keadaan sakit, lapar, dan tak ada yang peduli.

Siapa bilang koruptor salah? Bagi keluarganya, mungkin mereka pahlawan karena bisa meningkatkan perekonomian ibu, bapak, anak, istri, mantu, dan cucu.

Siapa bilang gembong narkoba salah? Bagi pengikutnya, mungkin mereka pahlawan karena membuka jalur rejeki yang mudah, cepat, dan banyak duitnya.

Siapa bilang germo dan muncikari salah? Bagi anak buahnya, mungkin mereka adalah dewa penolong yang membuka kesempatan kerja.

Lihat betapa inkonsistennya makhluk bernama manusia. Sama-sama orang bisa beda perspektif. Karenanya, dibutuhkan pegangan super kuat untuk menentukan mana yang benar-benar benar dan mana yang salah.

Ada istilah Al-Furqon di dalam Islam. Ini sebutan lain untuk Al-Quran yang salah satu fungsinya adalah pembeda antara yang benar dan yang salah. Dengan Al-Furqon, segala sesuatu diletakkan di tempatnya masing-masing. Tidak berpindah sedikit pun hingga hari terakhir. Jika berpindah, meski sedikit, bukan Al-Furqon namanya, tapi almari.

Wallahu a'lam

0 Response to "Perspektif Manusia"

Post a Comment