Menulis

Menulis

Serunya Berburu Pasangan Ideal

Dulu, saya beberapa kali diajak ikut ajang cari jodoh. Acara ini digelar oleh majlis ta'lim yang disesaki remaja masjid, baik pria maupun wanita. Event ini biasanya dikemas dengan makan-makan, diskusi, dan ramah tamah.

Anda sudah pasti tahu apa yang paling saya incar di acara itu? Ya, tepat sekali. Makanan adalah nomor satu :D qiqiqi... Mendapat gizi dan vitamin gratis adalah rejeki Ilahi. Adapun masalah jodoh, serahkan saja pada Sang Maha Cinta.

Ada satu fenomena menarik di ajang ta'aruf seperti ini. Sosok menawan selalu jadi rebutan. Mereka yang bertubuh molek, berwajah rupawan, dan berbau kaya, selalu jadi incaran. Apalagi, jika gerak-geriknya alim bak ustadz/ustadzah. Ibarat kata, mereka bagai permata yang indah, wangi, dan kinclong (silau meeeen :D

Masalah muncul saat satu kepala disasar belasan, bahkan puluhan jiwa. Satu sisi, yang jadi rebutan senang hingga melayang-layang. Di sisi lain, yang berebut puyeng bukan kepalang.

"Kiro-kiro aku ditrimo gak yo? Kiro-kiro areke kolu karo aku gak yo? Kiro-kiro wong tuane doyan karo aku gak yo?"

Lalu bagaimana dengan saya, jadi rebutan atau antre berebutan? :D qiqiqi... Mohon maaf saya tidak bisa jawab sekarang. Terlalu menyakitkan :( huuuuuuu... jempol kebalikkk 👎 👎 👎

Lanjut ke fenomena cari jodoh. Ada sebuah hadist tentang kriteria mencari pasangan. Salah satunya diriwayatkan oleh Abi Hurairah RA.

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَات الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Diceritakan Musadad, diceritakan Yahya dari ‘Abdulloh berkata, bercerita kepadaku Sa’id Ibn Abi Sa’id dari Abi Hurairah RA bahwasanya Nabi SAW bersabda:

"Wanita dinikahi karena empat perkara. Pertama hartanya, kedua status/nasabnya, ketiga kecantikannya, dan keempat agamanya. Maka carilah wanita yang beragama, maka engkau akan beruntung.”

Merujuk pada hadist di atas, mereka yang punya empat kriteria (baik pria maupun wanita) secara natural laik diperebutkan. Saking berebutnya, kadang sampai gak rukun :D qiqiqi... ngisin-ngisini.

Lalu, bagaimana dengan kita-kita yang minim empat perkara? Ya gak rupawan, ya gak kaya, ya gak ningrat, ya gak alim. Apakah harus jadi pecundang?

Silakan jawab sendiri-sendiri. Boleh nyontek teman senasib seperjuangan ;) Tapi jangan lupa. Satu yang pasti, tiada yang bisa mengubah ketentuan kecuali doa.

Kan yang punya langit bumi beserta segala isinya (termasuk perawan, janda, duda, dan jaka) adalah Allah. Jadi, ya minta Allah saja. Gitu aja kok repot :D

Semoga semua berjodoh dengan yang sholih/sholihah ;) Aamiiin

0 Response to "Serunya Berburu Pasangan Ideal"

Post a Comment