Menulis

Menulis

Alhamdulillah, Welcome PPOT Level 2


Sungguh tiada kata terindah untuk mensyukuri semua pemberian Allah selain ucapan hamdalah. Hanya Dia yang berkuasa atas segala sesuatu, termasuk membuka pintu ilmu dan hikmah bagi hamba-hamba yang merindukannya.

"Mas Imam kalau punya waktu silakan ikut PPOT level 2. Semoga ilmu dan pengetahuan yang didapat dari sini bermanfaat untuk banyak orang," kata Drg Wismiarti Tamin, Direktur sekaligus Pendiri Sekolah Alfalah, Ciracas di hari terakhir PPOT level 1.

Bergetar hati ini mendengar ucapan wanita yang akrab disapa Bu Wismi itu. Saya tidak menyangka, beliau memberikan kesempatan kepada saya untuk melanjutkan PPOT level 2 secara free of charge. Padahal, biaya yang dibutuhkan untuk PPOT level 2 lebih dari 2 juta rupiah.

Berbeda dengan PPOT level 1, PPOT level 2 hanya berlangsung satu pekan, yakni hari ini, Senin 16 Februari hingga Jumat 20 Februari 2015. Adapun tema PPOT level 2 adalah "Membangun Kecerdasan Anak".

"InsyaAllah saya siap Bu Wismi. Terima kasih telah memberi kesempatan kepada saya untuk menimba ilmu lebih banyak," jawab saya dengan senyuman penuh semangat.

"Kalau Mas Imam sudah memahami tahap perkembangan anak, boleh tuh nulis buku-buku bermutu untuk anak-anak Indonesia. Kami sudah punya ribuan tema untuk ditulis," imbuh Bu Wismi.

Wah, keren juga ide Bu Wismi. Semoga harapan beliau bisa benar-benar terwujud. Menurut Bu Wismi, saat ini masih jarang ada buku terbitan Indonesia yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kebanyakan buku-buku seperti itu masih didatangkan dari luar negeri.

"InsyaAllah Bu Wismi. Semoga ke depan makin banyak buku-buku berkualitas untuk anak Indonesia," jawab saya.

Jujur, dari sekian banyak hal yang saya pelajari sejak kecil, apa yang diajarkan Bu Wismi benar-benar beda. Ibarat bermain puzzle, Bu Wismi mampu mengajari bagaimana menyusun ilmu, pengetahuan, dan pengalaman hidup menjadi bangunan yang indah.

"Salah satu sarat agar hidup kita lebih baik adalah menjadi pembaca advance. Kita harus bisa membaca yang tertulis dan tidak tertulis. Membaca yang terlihat dan tidak terlihat. Ada banyak hikmah yang bisa kita petik dari alam semesta," tutur Bu Wismi.

Sarat untuk bisa menjadi pembaca advance, menurut Bu Wismi, adalah menajamkan skill iqro. Skill ini bisa dilatih dengan mempelajari dan memahami banyak disiplin ilmu.

"Alam semesta diciptakan Allah dengan keseimbangan yang sempurna. Kalau kita bisa membaca dan memahami polanya, insyaAllah kita bisa menjadi manusia sesuai kriteria Alquran," jelas Bu Wismi.

إِنَّ فِي اخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa. [Yunus : 6]

InsyaAllah saya coba selami ilmu dan hikmah pendidikan di PPOT level 2 untuk disebarluaskan kepada masyarakat, khususnya para orangtua dan pendidik.

Semoga kita dan keluarga menjadi hamba-hamba yang ridho dan diridhoi Allah SWT. Aamiiin.

Salam pendidikan untuk semua anak Indonesia

0 Response to "Alhamdulillah, Welcome PPOT Level 2"

Post a Comment