Menulis

Menulis

Hubungan Antara Tentara dan Jilbab


Sekilas memang tak ada kaitan antara tentara dan jilbab. Namun, dalam hal aturan berpakaian, dua hal tersebut bisa saling terkait.

Coba perhatikan cara berpakaian tentara Indonesia! Wah, gagah sekali ya. Baju dan celananya hijau blontang-blonteng. Senjatanya lengkap. Ada pistol dan sangkur. Topinya juga cakep, sederhana tapi berwibawa. Sepatunya hitam legam ada besinya. Kalau berjalan prok, prok, prok. Aku seorang tentara :)

Ya, begitulah cara berpakaian tentara Indonesia. Sangat gagah dan berkharisma. Saking beryoninya, banyak orangtua yang ingin anaknya atau menantunya berprofesi sebagai TNI.

"Lak ora tentara ra sudi aku," demikian kata sejumlah ibu-ibu di beberapa wilayah di Indonesia.

Sekarang coba bayangkan kalau saat upacara resmi, mendadak ada seorang tentara yang mbalelo. Ketika yang lain pakai seragam lengkap, dia justru sengaja menyelisihi. Bukannya pakai seram dorenng, dia justru mengenakan celana pendek polkadot warna pink, kaos oblong putih merek swan, dan topi miring ala Jason Mraz. Ckckck, ini tentara atau ondel-ondel :D qiqiqi...

Saya yakin, tentara ndablek seperti itu akan kena sanksi karena menyelisihi syar'i (syariat/aturan tentara). Jika tidak mau taubat, besar kemungkinan dia akan dipecat.

"Tentara kok kayak badut. Sudah sana gak usah jadi tentara. Kamu ke laut aja," bentak komandan dengan nada tinggi dan acungan jari telunjuk ke arah laut selatan.

Lalu apa hubungannya tentara dengan jilbab? He he he, Anda sudah tahu ke mana arah tulisan ini.

Tepat sekali, jilbab adalah syariat/aturan cara berpakaian para muslimah. Bedanya dengan tentara, kalau uniform TNI yang menentukan pemerintah, kalau jilbab yang menentukan Allah SWT.

Bagi yang belajar Alquran (dari mulai mengeja hijaiyah, tajwid hingga makna dan keterangan) insyaAllah paham aturan berbusana para wanita hamba Allah.

Seperti halnya kewajiban TNI memakai seragam, jilbab juga punya aturan tersendiri. Tidak boleh dipakai seenaknya. Masalahnya, kaum muslimah sudah tahu ilmunya belum? Kalau sudah, kok masih pakai celana pendek polkadot warna pink, kaos oblong putih merek swan, dan topi miring ala Jason Mraz?

Salam syar'i untuk para muslimah ;)

0 Response to "Hubungan Antara Tentara dan Jilbab"

Post a Comment