Menulis

Menulis

Agar Tubuh Tak Mudah Sakit

Cuaca sekarang berpotensi membuat tubuh sakit. Meski demikian, jika kita mempraktikkan lima hal ini, insyaAllah tubuh akan tetap prima. Ilmu ini saya dapat dari Pendiri sekaligus Direktur Sekolah Alfalah, drg. Wismiarti Tamin.

1. Lingkungan Bersih
Pertama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan lingkungan. Jika jorok (banyak sampah), kurang sinar matahari, atau lembab, besar kemungkinan virus, jamur, dan bakteri akan tumbuh subur. Jika badan tidak fit, penyakit bisa datang kapan saja atas izin Allah.

Pastikan juga alat makan dan minum steril dari virus dan bakteri merugikan. Mencuci dengan sabun dan antiseptik adalah langkah awal yang baik.

2. Makanan
Tubuh butuh asupan karbohidrat, vitamin, protein yang cukup, tidak kurang dan tidak kebanyakan. Dengan menu yang halalan toyyiban, insyaAllah tubuh akan tetap bugar, meski cuaca sering ekstrim.

3. Tidur
Kurang tidur membuat badan letih, loyo, dan capek. Kondisi ini membuat daya tahan tubuh (kekebalan/immunitas) menurun. Jika ada serangan penyakit, tubuh sulit menangkalnya.

4. Gaya Hidup
Rokok, alkohol, dugem, makanan dan minuman instan (berpengawet), malas olahraga, dan sejenisnya membuat metabolisme tubuh jadi amburadul.

5. Pikiran
Pikiran yang negatif terbukti menurunkan daya tahan tubuh. Sebaliknya, jika berpikir positif, tubuh akan mudah bugar. Jadi, apapun yang terjadi, tetap husnudzon billah. Segala sesuatu pasti ada hikmah dan balasan yang setimpal.

Bagaimana, ternyata mudah kan untuk hidup sehat? Bagi Anda yang sekarang sakit-sakitan, coba perhatikan lima hal di atas. Siapa tahu ada satu atau dua hal yang belum dipenuhi.

Bagi Anda yang sehat-sehat saja, bersyukurlah karena dengan itu insyaAllah kenikmatan akan terus bertambah.  

"Aku jorok, aku kurang tidur, aku merokok, aku hobi mie instan, pikiranku juga negatif, kok aku sehat-sehat aja, aku gak pernah sakit. Capek deeeeh...."

Hmmm, bisa jadi Allah masih melindungi Anda dari penyakit. Tapi, siapa tahu, di balik itu, organ dalam Anda sedang menderita. Mereka tersakiti hingga tak ingin lagi mengabdi untuk Anda. Sampai akhirnya mereka menggelar demo massal seperti ribuan buruh di republik ini. Ujung-ujungnya, Allah mengamini doa mereka untuk istirahat selama-lamanya. Saat nyawa dicabut, Anda seolah mendengar suara seperti di bawah:



0 Response to "Agar Tubuh Tak Mudah Sakit"

Post a Comment