Menulis

Menulis

Tips Sukses Bisnis Online dari Dewi Butiq



Alhamdulillah sambutan teman-teman FB sangat luar biasa, terutama pada artikel "Dari Bisnis Online, Jalan-jalan ke Luar Negeri."

(semoga yang nge-like dan komen di cerita tersebut diberikan kemudahan dalam mewujudkan mimpi-mimpi).

Banyak dari teman-teman yang tanya, "Cak Gem, piye carane iso sukses bisnis online?"

Nah, bagi Anda yang ingin menapaki bisnis di dumay, berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Produk
Ada jutaan produk yang bisa tawarkan kepada masyarakat. Pilih yang Anda yakini bisa dijual. Kalau Dewi Butiq sejauh ini fokus pada pakaian dan aksesoris karena memang Dewi Butiq punya passion yang tinggi di dua produk ini.

Harga
Sangat sulit menjual produk jika harganya lebih mahal daripada pesaing. Kecuali jika kita sudah punya pelanggan loyal yang tak lagi sensitif dengan angka. Pelanggan seperti ini lebih fokus pada kualitas pelayanan, terutama kecepatan.

Jaringan
Semakin banyak sahabat, kerabat, dan teman yang kita punya, makin luas jangkauan pasar yang bisa kita raih. Jadi, bergaulah dan dikenalah.

Alat komunikasi
Senjatai diri dengan beragam alat komunikasi seperti BBM, Whatsapp, YM, email, website, FB, Twitter, dan sejenisnya.

Strategi pemasaran
Ada banyak cara menawarkan produk kepada calon pembeli. Mulailah dari lingkungan terdekat, kemudian meluas ke orang lain yang belum kita kenal. Untuk detil cara-caranya, silakan baca buku-buku marketing. Karya Tung Desem bisa jadi referensi yang bagus.

Menyikapi pesaing
Bagi Dewi Butiq, pebisnis lain bukan musuh, meski ada yang tega melakukan cara-cara kotor dan jahat dalam menggaet konsumen. Rejeki sudah ada yang ngatur. Kepada Dia kita meminta, bukan pada manusia. Keberkahan lebih utama daripada banyak tapi mengundang musibah.

Administrasi
Bagi yang sulit menahan uang, berhati-hatilah. Jika tidak tertib, uang dagangan bisa bablas entah ke mana. Anda harus benar-benar strict untuk urusan yang satu ini. Kalau tidak mampu pegang duit, minta bantuan orang lain yang bisa dipercaya.

Doa
Yang ini saya yakin Anda sudah pasti paham. Jagat raya ada yang mengatur. Dialah yang mewujudkan mimpi-mimpi kita, termasuk menggerakkan hati orang untuk membeli produk kita. Juga mempertemukan kita dengan produsen atau suplier yang baik.

Mujhid
Jangan ditanya berapa liter keringat yang sudah diperas Dewi Butiq untuk membangun bisnis online. Belum lagi tekanan psikologis karena mengawali usaha dari jalanan. Hiasi hari-hari Anda dengan slogan kabinet Jokowi: kerja, kerja, dan kerja.

Muzhid
Pebisnis yang baik selalu punya sikap sederhana. Artinya, membeli sesuatu jika memang butuh, bukan karena pengen. Jika ada yang murah, kenapa beli yang mahal? Jangan terpengaruh dengan tawaran menggiurkan, tapi menjebol dompet.

Bersyukur
Ini yang paling penting. Bagi Dewi Butiq, sukses sejati bukan pada berapa banyak materi yang terkumpul, tapi seberapa bisa itu disyukuri dan bermanfaat.

Kebahagiaan sejati ada pada hati. Terlalu fokus pada angka, namun melupakan hak diri sendiri dan orang lain justru membebani pikiran dan jauh dari rasa syukur.

Demikian beberapa poin yang melandasi Dewi Butiq dalam meraih sukses di bisnis online.

Salam sukses. Salam bahagia :)

0 Response to "Tips Sukses Bisnis Online dari Dewi Butiq"

Post a Comment