Menulis

Menulis

Penjelasan 7 Essential Life Skills

Saya sering mengulas "7 Essential Life Skills", buku best seller hasil penelitian Ellen Galinsky. Tapi, saya belum pernah merinci 7 skill itu.

Nah, biar tidak penasaran, berikut skill yang wajib dikuasai jika ingin sukses hidup.

Focus and self-control
Skill ini dibutuhkan untuk mengabaikan segala macam gangguan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan (aktivitas). Skill ini meliputi kemampuan memperhatikan, mengingat aturan, berpikir fleksibel (tidak kaku), dan pengendalian diri. Tanpa pengendalian diri yang baik, kita berpotensi melanggar, bahkan merusak aturan.

Perspective taking
Skill ini melibatkan empati. Kita wajib memahami cara berpikir dan perasaan orang lain. Lemah di skill ini membuat kita berpotensi terlibat konflik. Semakin terdidik, seharusnya orang semakin bisa memahami, bahkan memaklumi orang lain.

Communicating
Lebih dari sekadar bisa bicara, membaca, dan menulis. Skill ini membuat kita mampu berkomunikasi secara tepat, tanpa terjadi salah paham. Terbayang kan bagaimana dahsyatnya dampak negatif dari salah paham?

Making connections
Ini adalah inti dari pembelajaran. Apa yang sama, apa yang beda. Lihat apakah ada yang bisa dihubungkan antara ini dan itu. Kemampuan membuat hubungan yang tidak wajar (unsual) adalah inti dari kreativitas.

Critical thinking
Kemampuan berpikir "apa menyebabkan apa" adalah awal dari penelitian. Berpikir kritis membuat kita semakin cermat dalam mengambil keputusan dan tindakan. Skill ini membuat kita mampu membedakan mana yang benar dan salah.

Taking on challenges
Hidup penuh rintangan dan ujian. Mereka yang berani menaklukkan tantangan akan meraih masa depan lebih baik. Bukan hanya diam dan takut mencoba.

Self-directed, engaged learning
Tiada hari tanpa belajar. Semua yang terlihat, terbaca, terdengar, dan terasa adalah samudera ilmu tak berbatas. Skill ini membuat kita mampu memaksimalkan potensi yang terpendam.

Itulah 7 skill mendasar yang wajib dimiliki dan dikembangkan jika kita ingin sukses dalam hidup. Skill ini harus ditanamkan di diri setiap manusia sejak dalam kandungan.

Lho kok sejak dalam kandungan? Kan bayinya belum lahir. Bagaimana mereka bisa belajar?

Caranya, bumil membiasakan/mempraktikkan 7 skill itu dalam kehidupan sehari-hari. Jangan ngalem apalagi manja. InsyaAllah, energi positif dari ibu akan mengalir ke otak janin.

Selamat belajar :)

0 Response to "Penjelasan 7 Essential Life Skills"

Post a Comment