Menulis

Menulis

Sensasi Masuk Surga sebelum Meninggal Dunia

Surga memang disediakan Allah kelak di akhirat. Tapi, ada satu kondisi di mana kita bisa merasakan sensasi masuk surga, meski masih hidup di dunia.

Menurut Syeh Aziz Ridwan, surga dunia ada di majlis yang diingat dan disebut asma Allah. Lulusan Ma'had Haram itu lantas mengutip HR Tirmidzi No. 3510 yang berbunyi:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya, "Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab, "Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir.”

Lebih lanjut Syeh Aziz menukil keterangan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah di Al Wabilush Shayyib halaman 145 yang berbunyi, "Barangsiapa ingin menempati taman-taman surga di dunia, hendaklah dia menempati majlis-majlis dzikir; karena dia adalah taman-taman surga."

Menurut Syeh Aziz, dzikir paling utama adalah membaca, menghapal, dan mengamalkan Alquran. Ini karena Alquran sebagai kalam Ilahi yang memuat seluruh ilmu dunia dan akhirat. Tidak ada ilmu dan hikmah yang lebih mulia daripada Alquran.

"Melafalkan satu huruf saja diganjar 10 pahala. Apalagi menghapal, memahami, dan mengamalkannya," papar Syeh Aziz di hadapan 800-an anak penghapal Alquran se-Jabodetabek dan Bandung.

Dalil ketiga yang diangkat Syeh Aziz adalah HR Muslim No. 2700. Di hadist itu tertulis sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang berbunyi:

لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

"Tidaklah sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat (Allah) meliputi mereka, ketentraman turun kepada mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisiNya."

Dari hadist di atas disimpulkan, mereka yang berada di majlis dzikir meraih empat keutamaan sekaligus, yaitu:

1. Dikelilingi malaikat
2. Diberi rahmat
3. Dilimpahi ketenangan
4. Dibanggakan Allah di hadapan malaikat

Empat keutamaan di atas identik dengan kondisi manusia saat di surga. Di Nirwana, manusia dilimpahi ketenangan, rahmat, dijaga malaikat, dan dimuliakan Allah.

Jadi, jika ingin merasakan sensasi masuk surga sebelum meninggal dunia, silakan rapatkan kaki di majlis dzikir yang banyak disebut nama dan ilmu Allah.

Semoga kita termasuk hamba-hamba ahli surga :) aamiiin

0 Response to "Sensasi Masuk Surga sebelum Meninggal Dunia"

Post a Comment