Menulis

Menulis

Mengapa Mata Anak Selalu Berbinar?

Kenalkan ini Al, salah satu ponakan saya. Gak seberapa ganteng, tapi imutnya bikin jantung nggak kukut :D qiqiqi...Ya, mata anak kecil selalu mendamaikan hati. Bersih, jernih, dan suci. Tak ada kepalsuan, apalagi dendam di hati. Di matanya, dunia benar-benar indah. Namun, jika tak dijaga, mata itu bisa kehilangan pesonanya.

Banyak hal yang membuat mata anak jadi keruh. Satu di antaranya adalah sikap kasar, terutama dari orang-orang terdekatnya. Bentakan, hardikan, dan amarah membuat binar mata anak meredup. Ellen Galinsky, penulis buku best seller "7 Essential Life Skills" membuktikan klaim ini lewat penelitian.

Ada satu pola asuh yang bisa membuat mata anak tetap berbinar. Pola asuh itu dikenal dengan 3M, yaitu dilarang Marah, dilarang Menyuruh, dan dilarang Melarang.

Dilarang Melarang => Agar anak menjadi berani bertindak dan berpendapat.

Dilarang Menyuruh => Agar anak memiliki inisiatif.

Dilarang Marah => Agar anak tidak pernah kehilangan akal sehat.

Sepintas pola asuh ini terdengar aneh, bahkan terkesan mengada-ada. Mana mungkin mendidik anak tanpa menyuruh, marah, dan melarang? Namun, jika kita tahu teknik-tekniknya, pola asuh ini sangat efektif untuk mempertahankan binar mata anak.

Sekolah Alfalah, Cipayung, Jaktim, termasuk salah satu institusi pendidikan yang menerapkan 3M. Sejak dibangun tahun 1996, Sekolah Alafalah tak pernah lelah mempertahankan binar mata anak.

Menulis tentang 3M, saya teringat pengakuan sahabat Anas Bin Malik RA. Dalam satu riwayat Beliau berkata, “Saya pernah mengabdi kepada Rasulullah selama sepuluh tahun. Rasulullah tidak pernah berkata ‘uff’ , tidak pernah mencela, dan tidak pernah memarahi saya.”

Hmmm, sebuah teladan istimewa yang laik dijadikan panutan. Semoga kita bisa menjaga binar mata anak. Aamiiin

0 Response to "Mengapa Mata Anak Selalu Berbinar?"

Post a Comment